Diduga Mulai Beralih Fungsi

Posted by

Lahan sawah merupakan sebuah kawasan yang cukup luas yang menjadi tempat untuk menanam padi dan sumber pangan serta kebutuhan pokok lainnya. Padi dan kebutuhan pokok ini nantinya yang akan menjadi sumber pangan yang sangat dibutuhkan oleh banyak manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki lahan persawahan yang sangat luas. Terutama di pulau Jawa dan pulau Bali banyak sekali terdapat lahan persawahan. 

Namun kini keberadaannya mulai banyak bergeser mulai dari bisnis perumahan, rumah makan dan tidak sedikit juga yang beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata, bahkan beberapa lahan sawah di beberapa wilayah dijawa dan bali sekarang sering menjadi tempat untuk berwisata. Banyak orang yang tertarik untuk berwisata di lahan sawah karena mereka dapat semakin merasakan suasana alam.

Dengan semakin banyaknya lahan sawah yang sudah dijadikan bangunan membuat lahan sawah tersebut hilang dan mengurangi stock beras dan bahan pangan yang ada. Beberapa penyebab yang membuat lahan sawah ini beralih fungsi antara lain:
  1.     Semakin meningkatnya bisnis properti.
  2.     Kebutuhan lahan yang terus meningkat.
  3.     Semakin menurunnya penghasilan petani sehingga mereka menjual lahannya.
  4.     Berkurangnya permintaan beras dari dalam negeri.
Seperti yang anda ketahui, kini bisnis properti sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat bahkan diramalkan kebutuhan perumahan khususnya di indonesia masih sangat minim dan tidak mencukupi. Hal ini membuat banyak pengembang properti ini membutuhkan lahan yang luas untuk membangun bangunan. Tidak hanya di kota besar, bisnis ini sudah mencapai daerah kecil yang membuat pengembang harus membeli sejumlah lahan sawah. Lahan sawah ini nantinya yang akan dibangun menjadi sebuah perumahan, rumah makan dan atau bisnis maupun usaha yang lain. 

Dengan adanya pembangunan ini tentu saja semakin mengurangi lahan sawah yang ada, dan tentunya hal tersebut sudah banyak dapat kita lihat disekitar kita.


Blog, Updated at: 1:52 AM

0 comments:

Post a Comment